CSS 3 : Pendahuluan pada CSS 3 #01

Pendahuluan CSS 3 : Hallo apa kabar teman teman, diseri kali ini kita akan membahas mengenai CSS 3, ini merupakan materi intro dari seri CSS 3, sebelum kita lanjutkan kita harus tau dulu apa itu CSS 3, kenapa kok ada 3 nya begitu.

Kalau dari penjelasannya : CSS 3 adalah Generasi ke – 3 dari spesifikasi CSS yang direkomendasikan atau dibuat oleh W3C, karena kita tau W3C ini adalah organisasi yang membuat aturan aturan terkait dengan teknologi web dan internet, lalu apa bedanya dong CSS 3 dari generasi – generasi sebelumya ?

 

 

Jika kita lihat pada diagram diatas, kita bisa melihat bahwa ada lingkaran lingkaran yang mengelompokkan mengenai materi pada CSS, yang lingkaran paling kecil diatas adalah CSS 1 atau versi pertama, biru versi ke -2 dan terakhir versi ke -3, jika kita lihat CSS versi pertama isinya merupakan sintaks dari CSS Dasar, misalkan kita menggunakan property font, background, itu adalah property – property yang sudah ada sejak CSS 1 walaupun sampai sekarang juga masih bisa kita gunakan.

 

Seiring dengan perkembangan waktu property property yang ada di CSS 1 itu berkembang dengan menambahkan beberapa property lain ( yang baru ) itu berkembang menjadi CSS 2, dimana kita bisa menggunakan Box Model, kita bisa menggunakan Table dan kita juga bisa menggunakan selector, kalau dulu waktu CSS 1 kita belum bisa menggunakan hal tersebut.

 

Begitu pula dengan CSS – 3 fitur  – fitur yang ada pada CSS versi sebelumnya itu ditambahkan, ada yang tetap sama ada juga yang diperbaiki, ada juga yang bahkan dihilangkan, jadi itulah fitur fitur yang ada di CSS – 3 atau yang terbaru, nah fitur fitur yang ada di CSS -3 ini nantinya kita sebut dengan modul, Karena CSS – 3 itu dibagi menjadi beberapa modul dan tiap tiap modulnya itu menambahkan kemampuan atau fitur yang ada di CSS sebelumnya, yang kita pelajari diseri ini mungkin gak semuanya tapi modul modul dan property yang penting dan paling sering digunakan aja.

 

Lalu kenapa sih kita kok harus menggunakan CSS 3 ?

Ada beberapa alasan utama :

  • Membuat website menjadi lebih fleksibel dan interaktif.
  • Membuat mock-up dengan cepat tanpa bantuan Bahasa scripting.
  • Mengurangi penggunaan gambar = kecepatan load halaman.
  • Penggunaan selector untuk menghindari penggunaan markup yang boros.

 

Supaya nanti lebih jelas mengenai manfaat dari CSS – 3 akan saya contohkan diseri selanjutnya.

 

Jadi yang akan kita pelajari di CSS 3 ini adalah mengenai property property apa saja yang sering digunakan, tentu saja tidak semua kalian bisa lihat daftar lengkapnya di sini.

 

Ada beberapa property yang hanya berjalan di browser tertentu, nanti kaitanny browser Support, untuk jalan disemua browser nanti kita juga akan belajar yang Namanya vendors-prefixes gimana ngakalin supanya minimal dibrowser yang popular itu jalan normal.

 

Vendor Prefixes itu contohnya seperti ini :

  • -webkit-
  • -moz-
  • -ie-
  • -o-

Nah ini ga usah kuatir dulu webkit itu apa nanti kita akan jelaskan satu artikel khusus mengenai vendors prefixes ini, jadi ditunggu aja.

 

Lalu kenapa sih kita harus repot repot menambahkan vendors prefixes tersebut ?

Karena alasannya tiap browser memiliki karakteristik yang berbeda beda padahal kita pinginnya semua user mau buka pakai apapun itu tampilnya normal, karena kita gak bisa tau user itu pakai browser apa dan kita juga gak bisa maksa user untuk memakai browser tertentu .

 

Idelanya kenapa kita belajar CSS 3 dan vendors prefixes ? itu supaya kita bisa nulis sintaks CSS yang berjalan disemua browser, selain kita belajar property CSS 3 kita juga nanti akan belajar ngakalin gimana supaya CSS 3 itu jalan disemua browser.

 

Begitu mungkin ya, rasanya seri ini akan seru banget supaya kalian nanti bikin websitenya ga cuman tampilnya menarik tapi juga interaktif, ada transisinya, kalian juga bisa tambahkan animasi, jadi menurut saya akan seru pada seri kali ini.

 

Mungkin itu dulu intro pengantarnya seri dari CSS 3 ini, terimakasih teman teman semua saya Abdul Rosyid pamit, TERIMAKASIH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *