Dampak Algoritma Didunia

abdulrosyid.png
Abdul Rosyid 2020-05-11 06:40:24

Share :

Dampak Algoritma Didunia

Algoritma ? Pasti banyak yang pernah denger dengan kata algoritma, apalagi algoritma youtube yang sering disinggung para youtuber, lagi – lagi yang sering kita dengar tentang algoritma ini kann, tapi tau gak sih kita sebenarnya algoritma itu.

 

Memang kita sering mendengar kata – kata yang satu ini yaitu algoritma, apalagi dikehidupan dengan perkembangan teknologi dan dunia internet. Kayaknya kita bakal kurang update, kalau kita belum kenal mari kita bahas dari sejarahnya.

 

SEJARAH ALGORITMA

 

Seperti kata pepatah gak kenal maka gak sayang, sebelum kenal dengan apasih algoritma itu ? . mari kita telusuri dulu sejarahnya.

 

Algoritma ditemukan oleh seorang ilmuan timur tengah zaman peradaban Islam yang bernama Abu Ja’far Muahmmad Ibnu Musa, bahkan kata asal algoritma yaitu Algorism, diyakini oleh beberapa ilmuan berasal dari nama al-hawarismi sendiri.

 

Algoritma adalah logika, metode, tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan masalah, dari pengertian tersebut kita bisa simpulkan algoritma itu bukan cuma untuk pemerograman saja, melainkan juga saat kamu memasak mie instan, memanaskan air dan membuka bungkus mie instan memasukannya air mendidih hingga menuangkan bumbu lainnya lalu diaduk hingga rata, itu juga termasuk algoritma, hanya saja didunia modern saat ini haya mendengar kata ini diaplikasikan pada pemrograman, model pemrograman algoritma diartikan suatu metode khususnya yang tepat dan terdiri dari serangkaian - rangkaian terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer, biasanya algoritma disajikan dengan dua macam yaitu tulisan berbentu Pseudocode yag ditulis menggunakan pascal, basic, c++ dan juga lainnya, ada juga dalam bentuk gambar yang lainnya menggunakan Flowchart.

 

MASA DEPAN DUNIA MODERN

 

Dengan perkembangan dunia teknologi, dimana semua akan menjadi serba cepat perputaran informasi dan masalah yang timbul pasti perlu keputusan yang cepat, sudah banyak usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yang sekarang sedang hangat dibicarakan dan mengalami perkembangn pesat yaitu Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI), pasti kamu juga sudah akrab dengan istilah ini kan palagi yang suka selfi pake HP, soalnya sekarang banyak smartphone yang pakai istilah AI Camera, AI inilah dan AI itulah adan AI AI lainnya, pengembangan Artificial Intelligence ini dasarnya memakai algoritma, yang paling canggih adalah Algoritma Sistem Linear Quantum dengan ini kecerdasan buatan bisa melakukan perhitungan mliaran lebih cepat dari pada algoritma klasik dan pengambilan keputusan yang tentunya juga lebih cepat,

 

Algoritma Sistem Linear Quantum ini akan menjadi penerapan AI berbasis komputer quantum dan gak tanggung - tanggung rencananya kecerdasan buatan ini akan dapat menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan manusia denga cepat seperti penentuan hari komunitas, iklim, kelaparan, jejaring sosial, struktur kimia bahkan obat – obatan dalam dunia kedokteran.

 

BAGAIMANA BILA ALGORITMA HILANG ?

 

Setelah mendengar kegunaan algoritma ini gak aneh kita berfikir gimana ya kalau algoritma ini hilang {{ OMG }} atau tidak pernah ditemukan, apa saja yang akan hilang dari kehidupan kita ya ?

 

Sistem Operasi

Apa adanya algoritma pasti kita masih menggunakan mesin ketik bukan komputer seperti yang sering kita gunakan, WWW (World Wide Web) juga akan hilang, dan Bahasa paling umum dari web yaitu TCP/IP dan HTTP didasari dari algoritma, bayangin aja 150 juta dari websitge yang sekarang ada dijaringan internet akan menghilang, Google raksasa teknologi yang satu ini  sudah pasti menghilang, mesin pencari yang menjalankan 3M pencarian tiap harinya tidak akan bisa digunakan, dan terakir GPS tanpa adanya algoritma GPS tidak akan bisa menentukan lokasi dan jarak dari suatu tempat ke tempat lainnya, banyak juga kan yang menghilang dari kehidupan kita yang kita ambil aja tidak pernah ditemuakan, dimana pembahasan tadi, semoga bisa buat kita semakin giat belajar algoritma yang menjadi dasar dari pemrograman ini, siapa tau dari kalian semua yang berbakat jadi programmer.

 

Jangan lupa berikan komen kamu, dan jangan lupa share ke temen kamu yang kurang update {{ hehehee }} sampai jumpa dan Terimakasih.

Follow us on Twitter, Facebook,

Share:

Image Description
Written by

Abdul Rosyid

0 Komentar

Tulis Komentar

Tetap di ketahui

Dapatkan penawaran khusus pada perkembangan terbaru dari Abdul Rosyid.